[KETERAMPILAN MANAJEMEN] Apa Itu Technology Push dan Market Pull?

Konsep pasar umumnya dibagi menjadi dua, berdasarkan kebutuhan pasar ataupun berdasarkan dorongan produsen untuk memproduksi produk yang awalnya mungkin tidak dibutuhkan oleh pasar. Dalam merencanakan strategi bisnis, perlu melihat kedua pendekatan tersebut sebagai gambaran produk yang kita luncurkan tergolong ke dalam konsep pasar yang mana. Karena, ketika kita memproduksi sesuatu namun tidak ada pasarnya, akan mengakibatkan fatal bagi masa depan perusahaan yang kita dirikan selama ini. Namun, hal tersebut juga belum tentu tepat, karena ada konsep pasar dorongan produsen yang memaksa konsumen menjadi pasar dari produk yang baru kita kembangkan. Berikut penjelasan beserta contoh konsep pasar tersebut:

1. Market Pull
Merupakan pengembangan produk dari peluang pasar yang selanjutnya menggunakan teknologi yang telah ada untuk memenuhi kebutuhan pasar. Secara terjemahan market pull biasa nya diartikan sebagai pasar yang menarik keputusan untuk pengembangan. Misalnya produk panel surya di mana kebutuhan energi semakin besar sementara sumber energi berupa fosil sudah semakin menipis.

Pasar menuntut kemajuan teknologi seiring dengan kebutuhan konsumen misalnya jaringan 4G pada telepon seluler yang semula adalah jaringan hanya 3G dan 2G, karena kebutuhan akses internet yang lebih cepat, pasar melakukan need pull untuk menghadirkan fitur tersebut. Begitu juga dengan jaringan Nirkabel ada Wi-Fi. Kebutuhan akan akses internet di mana pun dan tanpa kabel, membuat pasar jaringan nirkabel semakin luas. Contoh lainnya adalah power bank, seiring dengan tingginya konsumen smartphone, pasar juga membutuhkan suatu teknologi yang dapat menyuplai baterai smartphone mereka ketika mereka sedang tidak mendapat jangkauan listrik.

2. Technology Push
Merupakan pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan dengan teknologi baru yang dimiliki dan selanjutnya mencari pasar yang tepat untuk menerapkan teknologi tersebut. Secara terjemahan technology push biasa diartikan sebagai teknologi mendorong pengembangan. Pasar tidak meminta atau mengetahui perihal produk baru tersebut sehingga pasar memperoleh dorongan pengembangan produk dari produsen. Contoh nya adalah fitur kamera di telefon genggam yang tidak terpikir oleh pasar, namun sebenarnya berguna.

Technology Push akan berhasil apabila teknologi yang diambil memberikan keuntungan kompetitif, dan teknologi alternatif yang cocok tidak tersedia atau sangat sulit untuk digunakan oleh kompetitor. Baru-baru ini sudah banyak dikembangkan terobosan teknologi mobil listrik yang mencerminkan konsep Technology Push, meskipun tidak terfikirkan oleh pasar, namun mobil listrik memberikan manfaat lebih banyak terhadap lingkungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[KETERAMPILAN MANAJEMEN] Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Alat dan Proses

Mengenal OMBUS-OMBUS, Makanan Tradisional khas Batak

[BUDAYA MAKANAN] Bakar Batu, Tradisi Makan Masyarakat Papua